4 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Dari Tiramisu

Penulis : Admin


Dipublikasi : 02 Apr 2020



Siapa yang tidak tahu tiramisu? Kelezatan dessert khas dari Italia ini terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia dan memiliki sangat banyak penggemar. Tiramisu memiliki tekstur lembut, manis, dan gurih dari keju mascarpone yang sungguh menggugah selera. Bagian atasnya bertabur bubuk kakao, berpadu sempurna dengan rasa kopi yang pekat. Waah, jadi buat air liur menetes nih, Baking Lovers!

Sebenarnya, bahan-bahan apa saja sih yang membuat Tiramisu menjadi kue favorit banyak orang? Ini dia, 4 hal yang perlu Baking Lovers ketahui dari tiramisu yang sudah Titan rangkum:

 

Lady Finger

Base yang paling umum digunakan pada tiramisu adalah lady finger (savoiardi). Lady Finger terbuat dari adonan bolu yang dibentuk memanjang seperti jari, kurang lebih 12cm. Bagian permukaannya ditaburi gula pasir. Karena berpori-pori halus, biskuit ini mudah menyerap cairan dan menjadi lembek. Selain lady finger, ada juga yang menggunakan base sponge cake. Tapi tentu rasanya sudah kurang otentik ya, Baking Lovers

Selain itu, lady finger juga digunakan untuk dekorasi (hiasan di pinggir) tiramisu.

Filling Mascarpone Cheese

Filling tiramisu bertekstur ringan, halus, dan kaya rasa. Terbuat dari keju mascarpone yang diaduk bersama kuning telur dan gula, lalu setelah itu dicampur dengan krim kental.

Apakah penggunaan keju mascarpone pada pembuatan tiramisu bisa digantikan? Jawabannya adalah tidak, Baking Lovers. Tiramisu dan mascarpone cheese adalah satu kesatuan. Dapat dikatakan, mascarpone cheese adalah nyawa tiramisu. Duh, puitis ya!

Coffee

Larutan kopi digunakan untuk mencelupkan lady finger sebelum digunakan sebagai base tiramisu. Gunakan espresso yang sudah ditambahkan gula untuk hasil yang paling baik. Seberapa banyak lady finger harus ‘terendam’, tergantung selera. Jika Baking Lovers menyukai base yang masih renyah, cukup celupkan lady finger sebentar saja. Sebaliknya, jika Baking Lovers menyukai tekstur base yang lembut, celupkan lady finger hingga terendam di seluruh bagiannya.

 

Liqueur

Liqueur merupakan minuman beralkohol yang memiliki citarasa manis yang sudah diberi perisa. Ada beberapa pilihan liqueur yang cocok digunakan untuk tiramisu. Diantaranya kahlua, brandy, dan marsala wine. Perpaduan rasa krim mascarpone, kopi, lady finger, dan liqueur akan membuat sensasi yang membuai lidah. Apalagi jika ditambah taburan bubuk cacao: sempurna!

 

 

Penggunaan liqueur pada tiramisu bersifat opsional ya, Baking Lovers. Liqueur bisa diganti dengan esens tiramisu, atau diabaikan saja jika tidak suka atau kita memang tidak mengkonsumsinya. Yang pasti, dapatkan bahan-bahan baku berkualitas untuk membuat tiramisu, hanya di Titan Baking. Baking Lovers juga bisa follow akun instagram @titanbakingcourse untuk mengetahui update kursus kue di cabang Titan Baking terdekat. Ayo, buat sendiri kreasi Tiramisu Anda!

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 31 Jan 2019

Saya baru mau belajar membuat kue, peralatan apa aja yang harus dibeli?

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.