Apa Itu Gelatin Lembaran?

Penulis : Admin


Dipublikasi : 06 Aug 2019



Dalam pembuatan kue, gelatin biasa digunakan sebagai bahan pengental krim kue, puding, dan jelly. Ada dua bentuk gelatin, yaitu bubuk dan lembaran. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya adalah cara penggunaannya. Gelatin bubuk dapat dilarutkan dengan air hangat, sedangkan gelatin lembaran harus direndam dulu dengan air es agar melunak, baru kemudian dipanaskan dengan api kecil hingga meleleh.

Gelatin berwarna bening kecoklatan, tidak berbau, dan tidak berasa. Gelatin bisa terbuat dari beberapa jenis bahan yang kaya kolagen, seperti tulang atau kulit sapi, babi, atau ikan. Karena gelatin berasal dari hewan, hal itu sering memunculkan isu tentang serifikasi kehalalannya. Namun jangan cemas, gelatin yang Titan jual berbahan dasar sapi dan sudah memiliki sertifikat halal (baik yang bubuk maupun yang lembaran).

 

Mengapa Menggunakan Gelatin Lembaran?

Gelatin lembaran banyak digunakan untuk membuat dessert yang lebih kompleks. Jika menggunakan gelatin lembaran, tekstur kue akan lebih set dan kaku dibanding menggunakan gelatin bubuk. Misalnya pada mousse dan cheese cake. Gelatin bubuk lebih cocok digunakan untuk membuat puding sutera dan panna cotta.

Oya, gelatin berbeda dengan jelly atau agar-agar lho. Agar-agar dan jelly terbuat dari rumput laut. Titan tidak menyarankan untuk mensubtitusi keduanya. Tapi ada juga bakers yang menggunakan agar-agar atau jelly untuk menggantikan gelatin saat darurat. Hasilnya? Kue tetap bisa set, tapi tetap tidak bisa menggantikan fungsi gelatin yang memberikan sensasi “melting” di lidah. Semoga penjelasan dari Titan bermanfaat ya, Baking Lovers


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 24 Jul 2019

Mengoles loyang adalah hal yang penting saat membuat kue. Jika sampai lupa, siap-siap bete karena cetakan akan lengket dan kue sulit diangkat ya :)