Ciri-ciri Palm Sugar, Brown Sugar, dan Caster Sugar Berkualitas Baik

Penulis : Admin


Dipublikasi : 28 Mar 2022



 

Mengenal Palm Sugar, Brown Sugar, dan Caster Sugar

 

 

Bukan hanya gula putih, saat ini banyak dijumpai berbagai jenis gula. Misalnya palm sugar, brown sugar, dan juga caster sugar. Pemanis-pemanis tersebut sering digunakan untuk pengganti atau campuran gula pasir. 

Pemanis memberikan peran penting di dalam rasa suatu makanan atau minuman. Berikut ini merupakan informasi yang akan mengulas terkait dengan palm sugar, brown sugar, dan caster sugar.

 

 

1. Palm Sugar

 

 

Gula palem atau palm sugar merupakan salah satu jenis pemanis yang berasal dari berbagai jenis pohon palem seperti kelapa, lontar, dan aren. Namanya merujuk pada bahan bakunya yaitu nira atau getah manis dari pohon palem-paleman tersebut.

Meskipun ketiga jenis pemanis tersebut berasal dari pohon yang berbeda, tetap saja semuanya masuk dalam jenis palm sugar atau gula palem. Secara fisik, cara memilih palm sugar  yang berbahan nira kelapa, lontar, dan aren tampak menyulitkan bagi orang awam. Sebab, semuanya hampir mirip.

Namun jika diperhatikan seksama, ada aroma yang khas dan berbeda dari ketiganya. Ciri khas itu dapat Baking Lovers temukan pada produk Aromanis Palm Sugar. Terbuat dari pohon aren berkualitas terbaik, dengan proses pengolahan modern membuat Aromanis Palm Sugar sampai di tangan konsumen dengan mutu  terjamin.

Apabila membandingkannya dengan gula putih biasa, maka palm sugar jauh lebih sehat. Cocok untuk program diet, membantu proses metabolisme, menguatkan imun, dan banyak lagi yang lainnya.

 

Ciri-ciri palm sugar berkualitas baik:

  • Gula aren akan lebih mudah larut saat dimasukkan dalam air. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa gula tersebut terbuat dari bahan nira asli tanpa adanya tambahan pengawet.
  • Mempunyai tekstur yang bagus dan gampang hancur saat dipukul. Hal ini karena didalamnya tidak ada campuran untuk memperkuat gula. Beberapa jenis produk juga ada yang berbentuk serbuk untuk membuatnya lebih awet.
  • Gula aren asli memiliki rasa yang legit dan tidak terlalu manis. Kamu bisa mencoba produk Aromanis Palm Sugar untuk mendapatkan kualitas gula palem yang terbaik.
  •  

    2. Brown Sugar

     

     

    Brown sugar dibuat dari ekstrak tebu yang dikristalisasi, seperti gula pasir. Bedanya, kandungan molases pada tebu tidak dipisahkan saat pembuatan sehingga warnanya kecokelatan. Brown sugar membentuk butiran kristal maupun pasir yang cukup mirip dengan gula pasir. Warnanya ada yang coklat terang ataupun coklat tua. Rasanya manis dengan aroma karamel yang khas. Bukan hanya untuk kue, tapi cocok juga untuk minuman. Brown sugar cocok dikombinasikan dengan minuman seperti kopi, boba, milkshake, dan sebagainya. 

     

    Ciri-ciri brown sugar berkualitas baik:

    Brown sugar asli mempunyai tekstur yang berbeda dari gula merah dengan butiran kering. Tekstur dari brown sugar asli cenderung lebih lembut, lengket, dan mempunyai aroma karamel yang khas.

    Aromanis juga tersedia dalam variant produk brown sugar pilihan yang berkualitas bagus. Sehingga bisa dipilih untuk berbagai kebutuhan.

     

    3. Caster Sugar

     

     

    Caster Sugar/ gula kastor masih mempunyai tekstur sedikit kasar dari butiran gula pasir. Meski demikian, tekstur caster sugar tidak selembut gula halus. Seringkali caster sugar digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan kue. Tekstur butiran yang kecil membuatnya jadi mudah larut di dalam adonan. Hasil kue akan lebih cantik karena tidak ada bintik pada permukaan akibat gula pasir yang belum halus.

     

    Ciri-ciri caster sugar berkualitas baik:

    Konsistensi tekstur  caster sugar  ada di tengah-tengah. Tepatnya memiliki tingkat kehalusan antara gula pasir dan gula bubuk. Hal tersebut terjadi lantaran proses penghalusannya yang menggunakan penggilingan.

    Caster sugar mudah larut ketimbang gula pasir. Itulah kenapa cocok untuk berbagai bahan kue, atau adonan makanan lain. Caster sugar berkualitas memiliki tekstur yang masih ambyar alias tidak menggumpal. 

     

     

    Semoga informasi ini berguna, Baking Lovers. Pastikan Baking Lovers menggunakan produk palm sugar, brown sugar, dan caster sugar dengan kualitas terbaik, seperti dari Aromanis.

    Tersedia di seluruh cabang toko dan marketplace (Shopee, dan Official Store Tokopedia) TitanBaking.

    Aromanis, sudah terpercaya cukup lama dalam memproduksi berbagai jenis pemanis tersebut ke konsumen di seluruh Indonesia. 


    Bagikan




    Artikel lainnya

    Dipublikasi : 08 Feb 2021

    Apa perbedaan buttercream dan whipped cream? Lalu, manakah yang sebaiknya digunakan untuk menghias kue?

    Dipublikasi : 02 Apr 2020

    Bahan-bahan apa saja sih yang membuat Tiramisu menjadi kue favorit banyak orang? Inilah 4 hal yang perlu Baking Lovers ketahui dari tiramisu yang sudah Titan rangkum:

    Dipublikasi : 29 Apr 2019

    Bagaimana cara membuat kulit sus agar bisa mengembang sempurna, garing di luar tapi tetap lembut di dalam? Lakukan tips berikut.