Ingin Kulit Sus Mengembang Sempurna? Lakukan Cara Ini.

Penulis : Admin


Dipublikasi : 29 Apr 2019



 

Baking Lovers, bagaimana rasanya kalau kulit sus yang kita buat ternyata tidak berongga? Atau awalnya mengembang tinggi tapi setelah keluar dari oven malah mengempis lagi? 

Pinjam istilah anak zaman now: KZL* (baca: kesal).

***

Eits, jangan sedih dulu ya. Titan akan memberikan tips untuk Baking Lovers. Bagaimana caranya membuat kulit sus yang baik supaya hasilnya bisa mengembang sempurna, berwarna golden brown, garing di luar tapi tetap lembut di dalam. Cantik deh pokoknya.  Penasaran kan, yuk simak!

  • Gunakan tepung terigu dengan kadar protein tinggi. Tepung jenis ini memiliki kemampuan mengembang lebih bagus dan akan menghasilkan tekstur kulit sus yang kokoh. Merk yang dijual di Titan antara lain Cakra Kembar, Golden Eagle, dan Komachi. 

 

  • Pastikan Baking Lovers menggunakan telur segar bersuhu ruang. Kenapa ya kira-kira? Hal ini karena telur yang masih segar (suhu ruang) memiliki daya mengembangkan adonan lebih sempurna daripada telur dalam keadaan dingin. Kesegaran telur juga sangat berpengaruh ke rasa dan aroma sus yang dihasilkan.

 

  • Masukkan telur setelah adonan benar-benar dingin. Baking Lovers perlu mengaduk adonan padat yang sudah set dengan mixer untuk mengeluarkan uap panasnya dan mencegah bagian atas adonan berkulit. Setelah yakin uap panasnya hilang, masukkan telur sambil terus dikocok menggunakan mixer (tapi masukkan satu per satu, jangan langsung sekaligus demi menjaga agar konsistensi adonan tetap baik dan tidak terlalu encer).
  • Poles loyang seperlunya. Jangan menggunakan terlalu banyak olesan karena nanti adonan bisa bergeser-geser dan menempel satu sama lain. Lebih baik kalau kita menggunakan alas loyang berbahan siliocone/ silpat. Oya, atur jarak masing-masing adonan ketika dispuit, karena adonan akan mengembang hingga dua kali lipat. Jadi, Pastikan mereka berbaris rapi :)

  • Gunakan suhu tinggi, yaitu 200’C. Pemanggangan dibawah suhu tersebut akan membuat kulit sus tidak mengembang dengan baik. Jangan buka-tutup pintu oven saat awal memanggang karena itu akan membuat suhu oven turun.

 

Lama memanggang kulit sus adalah sekitar 30 menit, tergantung masing-masing oven (kenali karakteristik oven kalian ya).  Dua puluh menit pertama cukup untuk membuat tekstur kulit sus kokoh. Jadi, pada sepuluh menit terakhir Baking Lovers sudah boleh membuka pintu oven jika memang diperlukan. Ada oven tertentu yang panasnya tidak merata, sehingga memerlukan setting manual alias menggeser posisi loyang untuk memastikan warna golden brown pada sus bisa merata.

 

Nah, sudah tau kan apa saja yang perlu diperhatikan supaya kulit sus bisa mengembang sempurna? Ikuti terus artikel kami untuk tips-tips menarik lainnya. Ayo,  segera ke dapur dan jangan lupa share hasilnya ke sosial media Titan ya!

 

Keep The Baking Spirit*

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.

Dipublikasi : 19 Nov 2019

Baking Lovers, bukankah tepung terigu sudah mengandung gluten? Lalu mengapa kita masih memerlukan tambahan gluten lagi?

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.