Sekilas Tentang Gluten

Penulis : Admin


Dipublikasi : 17 Jun 2019



Saat ini, banyak orang yang gemar mengkonsumsi produk bebas gluten.

Tapi, apakah sebenarnya gluten itu? Mari, kita bahas lebih dalam.

***

 

Gluten adalah protein yang ditemukan pada padi-padian, serealia, dan gandum. Semua makanan yang mengandung tepung terigu otomatis mengandung gluten. Kandungan gluten pada gandum bisa mencapai 80% dari total protein dalam tepung. Makin tinggi kadar protein pada tepung, makin tinggi juga gluten yang terkandung di dalamnya. Saat kita mencampur tepung terigu dengan air, maka protein gluten membentuk jaringan lengket dengan tekstur seperti lem yang membuat adonan elastis, kenyal, dan memberikan tekstur pada roti agar mengembang saat dipanggang.

 

Plus Minus Gluten

Apakah Baking Lovers tahu, gluten dapat dibuat menjadi daging imitasi? Ya, gluten juga bisa digunakan sebagai alternatif bahan makanan vegetarian. Kandungan proteinnya cukup tinggi, dan dapat diolah menjadi berbagai masakan dengan biaya yang lebih ekonomis.

 

Namun, ada beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsi gluten lho. Seperti mereka yang memiliki penyakit celiac* dan intoleransi gluten. Jika mengkonsumsinya, akan muncul reaksi alergi dan yang lebih parah yaitu timbul iritasi di usus halus. Hal ini dapat menyebabkan gangguan penyerapan zat gizi pada tubuh. 

 

Istilah Gluten Free

Gluten free merujuk pada produk makanan bebas gluten. Contohnya adalah tepung singkong/ mocaf, tepung pisang, buah dan kacang-kacangan. Bahan-bahan tersebut dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan kue, seperti cookies, roti, dan cake. Meski rasa hasil olahannya tidak seenak jika menggunakan tepung terigu, produk-produk gluten free sangat baik untuk kesehatan dan menjadi alternatif makanan bagi mereka yang tidak bisa mengkonsumsi gluten. 

Untuk orang yang tidak memiliki gangguan kesehatan, tak masalah jika mulai mengkonsumsi produk-produk gluten free. Konon, diet gluten free juga dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan lho. Baking Lovers berniat mencoba?
 
 
 
 
 
*Celiac: penyakit autoimun (celiac disease). Tubuh penderita penyakit ini menganggap gluten sebagai racun, lalu membentuk perlindungan diri dengan membuat lapisan pada dinding usus agar tidak bisa menyerap sari makanan.

Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 18 Jun 2020

Seberapa penting penggunaan bread improver pada pembuatan roti? Simak artikel ini untuk info selengkapnya.

Dipublikasi : 25 Jan 2021

Bingung, memilih box untuk kemasan hantaran Imlek? Yuk cek artikel berikut.

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?