Tiga Metode Dasar Pembuatan Cake

Penulis : Admin


Dipublikasi : 28 May 2019



Banyak resep yang bisa kita dapatkan, dari internet contohnya.
Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Sebenarnya resep mana sih, yang paling mudah dipraktikkan?

 
***

Berbeda dengan memasak, membuat kue (terutama cake) merupakan sebuah ilmu pasti. Ini karena baking berkaitan dengan pengaturan suhu, takaran bahan yang akurat, dan beberapa metode dasar pembuatannya. Memang, saat ini banyak resep yang dengan mudah kita dapatkan. Dari internet, contohnya. Namun bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Sebenarnya resep mana sih, yang paling mudah dipraktikkan?
 
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Baking Lovers mempelajari tiga metode pembuatan cake yang paling sederhana, diantaranya:
 

Sugar Batter Method/ Creaming Method

Adalah metode pembuatan cake dengan cara mengocok lemak dengan gula terlebih dahulu. Cara ini biasa digunakan untuk membuat cake dengan komposisi lemak dan gula yang lebih banyak dibandingkan jumlah tepung yang digunakan. Contohnya pada Lapis Legit dan English Fruit Cake.  Agar hasilnya maksimal, pengocokan gula dengan lemak (bisa berupa margarin atau mentega) dilakukan sampai gula benar-benar larut dan adonan mengembang. 
 
Tahap ini memberikan udara ke dalam adonan (aerasi) sehingga volume cake akan lebih tinggi dengan tekstur yang ringan. Telur juga dimasukkan satu per satu (sedikit demi sedikit) agar adonan tidak pecah dan menggumpal/ curdling. Terakhir, masukkan tepung dan bahan tambahan lainnya, seperti buah-buahan. 
     
 
    
 

Flour Batter Method

Metode flour batter memungkinkan orang untuk membuat kue berkualitas baik dari resep yang murah/ ekonomis. Cara ini juga mampu mengurangi resiko adonan pecah, karena sejak awal sebagian tepung sudah dicampur dengan lemak. Sebagai penguat tekstur, pada resep dapat ditambahkan baking powder. Langkah awalnya adalah mencampur sebagian tepung dan lemak (margarin atau mentega) dengan mikser hingga lembut. 
 
Hal ini bertujuan untuk melembutkan gluten, sehingga kue yang dihasilkan memiliki tekstur lebih halus. Telur dan gula dimikser pada wadah lain. Setelah mengembang, kocokan telur dicampur dengan sisa tepung. Lalu kedua adonan tersebut dicampur secara bertahap. Lapis Surabaya Ekomomis dan Pound Cake biasa dibuat menggunakan metode ini.
 
    
         
 

All in/ Blending Method

Seperti namanya, all in method merupakan cara pembuatan kue yang paling mudah dan cepat. Seluruh bahan seperti lemak, gula, tepung, dan telur digabung dalam satu wadah, lalu dimikser sampai semua tercampur rata dan lembut. Karena waktu pengadukan tidak terlalu lama, Baking Lovers memerlukan bahan pengembang untuk memaksimalkan volume cake, seperti baking powder atau soda kue (klik disini untuk mengetahui perbedaan keduanya). Cupcake adalah kue yang paling sering dibuat menggunakan metode all in.
 
    
     
 
Baking Lovers, ketiga cara tersebut disebut juga classic cake making method. Dalam perkembangannya, dunia baking sudah semakin dinamis. Banyak variasi yang kita temukan dalam resep dengan alasan kepraktisan, inovasi, dan mengikuti tren. Contohnya sponge cake method, chiffon cake method, dan au bain marie. Tapi, tentu tidak ada salahnya jika kita mempelajari ilmu dasarnya, bukan? Dengan menguasai teknik dasar, kita bisa memperhitungkan apakah sebuah resep cocok diaplikasikan pada kue yang ingin kita buat nantinya.
 
Keep the baking spirit!

Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 10 Feb 2020

Mana yang Baking Lovers lebih sukai, timbangan digital atau timbangan jarum? Ayo cek artikel berikut untuk mengetahui perbandingan keduanya.

Dipublikasi : 16 Feb 2021

Kue-kue tradisional Betawi sangat beragam dan perlu dilestarikan. Baca artikel ini, untuk mengetahui apa saja kue-kue legendaris tersebut!

Dipublikasi : 23 Mar 2021

7 ide hidangan ini dapat jadi referensi pengganti cake untuk merayakan ulang tahun.