Tips Menyimpan Cokelat

Penulis : Admin


Dipublikasi : 01 Feb 2021



Cokelat termasuk sebagai salah satu primadona bahan kue. Selain karena rasanya yang lezat, cokelat dapat diolah menjadi banyak hidangan kue atau dessert. Seperti cake, pudding, es krim, dan kue-kue lainnya. Cokelat juga sering diolah untuk isian dan hiasan pada roti dan pastry.

Cokelat yang digunakan untuk membuat kue ada beberapa jenis, yaitu cokelat blok, cokelat bubuk, cokelat chips, serta olahannya yang sudah berbentuk selai dan sirup. Bagi Baking Lovers yang biasa membeli produk cokelat dalam jumlah banyak, tentu harus mengetahui cara penyimpanannya. Sebab, kualitas cokelat dapat menurun jika kita tidak menyimpannya dengan benar.

 

Cokelat Blok

Cokelat blok terdiri atas dua jenis, yaitu compound dan couverture (baca artikel ini untuk mengetahui perbedaannya). Cokelat blok cukup disimpan di dalam ruangan yang sejuk, dengan suhu 18-20 ℃. Cokelat yang sudah terbuka dari kemasannya harus dibungkus dengan plastik wrap terlebih dahulu sebelum disimpan. Hindari menyimpan cokelat blok di dalam chiller karena cokelat sangat sensitif terhadap kelembapan.

Risiko yang timbul saat cokelat dikeluarkan dari dalam chiller adalah terjadinya sugar bloom dan fat bloom. Kelembapan yang timbul pada proses kondensasi, serta perubahan suhu pada cokelat dapat memisahkan kandungan gula dan lemak dari bahan lain yang terdapat di dalam cokelat. Akibatnya, gula dan lemak akan mengkristal dan membentuk titik atau lapisan putih yang tertinggal di permukaan cokelat. Cokelat yang sudah mengalami sugar bloom dan fat bloom masih aman dikonsumsi, namun tekstur dan penampilannya sudah tidak sempurna lagi.

 

Cokelat Bubuk

Jika dibandingkan dengan cokelat blok, penyimpanan cokelat bubuk terbilang mudah. Cukup simpan cokelat bubuk pada suhu ruang, di dalam wadah bersih dan tertutup rapat. Hindari menyimpan cokelat bubuk di dalam chiller, karena teksturnya akan menggumpal. Hindari juga paparan sinar matahari secara langsung, karena akan meningkatkan kelembapannya.

 

Cokelat Chips

Cokelat chips juga terdiri dari dua jenis, yaitu compound dan couverture. Cara penyimpanannya hampir sama dengan cokelat blok. Yaitu cukup disimpan di dalam ruangan yang sejuk, dengan suhu 18-20℃. Pastikan juga, Baking Lovers menyimpannya jauh dari benda-benda yang berbau tajam, agara rasa dan aroma cokelat tidak berubah.

 

Cokelat Syrup dan Selai Cokelat

Syrup dan selai cokelat merupakan jenis olahan cokelat yang tak kalah digemari. Kedua jenis produk ini dapat digunakan sebagai isian serta hiasan kue atau dessert. Cara penyimpanannya cukup di suhu ruang. Jika disimpan di dalam chiller, maka teksturnya akan mengental (mengeras) dan menjadi sulit untuk diaplikasikan. Gunakan sendok yang bersih untuk mengambil selai, serta tutup kembali botol/ kemasan selai dan syrup setelah selesai digunakan.


Itulah tips atau cara menyimpan berbagai jenis cokelat, yang dapat Baking Lovers ikuti di rumah. Dengan penyimpanan yang baik dan benar, cokelat akan tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga. Jika Baking Lovers memiliki pertanyaan terkait produk-produk cokelat terbaik, jangan ragu untuk menghubungi Customer Service Titan Baking.

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 10 Feb 2020

Mana yang Baking Lovers lebih sukai, timbangan digital atau timbangan jarum? Ayo cek artikel berikut untuk mengetahui perbandingan keduanya.

Dipublikasi : 16 Feb 2021

Kue-kue tradisional Betawi sangat beragam dan perlu dilestarikan. Baca artikel ini, untuk mengetahui apa saja kue-kue legendaris tersebut!

Dipublikasi : 23 Mar 2021

7 ide hidangan ini dapat jadi referensi pengganti cake untuk merayakan ulang tahun.