Whipping Cream Dairy VS Non Dairy

Penulis : Admin


Dipublikasi : 06 May 2019



Whipping cream bukan bahan asing pada pembuatan dan dekorasi cake.

Tekstur dan rasa yang lebih enak dibandingkan butter cream menjadi alasan utama para bakers  menggunakannya.

Dari jenis dairy dan non dairy, mana yang lebih disukai?

***
Baking Lovers, kenalan yuk dengan salah satu bahan menghias kue ini. Whipping cream umumnya berbentuk cair dan dijual dalam kemasan tetra pack. Namun ada juga yang dijual dalam bentuk bubuk (kemasan karton dan aluminium) dan kemasan kaleng siap semprot (aerosol). Kue yang dihias menggunakan whipping cream harus disimpan di lemari es atau dalam ruangan berpendingin agar tidak mudah meleleh. Berbeda dengan butter cream cake yang tetap cantik paripurna walau seharian diletakkan di suhu ruang :)
Lalu, apa bedanya whipping cream dairy dan non-dairy? Jangan bilang, lihat saja dari tulisan di kemasannya ya, hehehe. Memang benar sih, dari namanya sudah jelas kedua produk tersebut terbuat dari bahan dasar yang berbeda. Whipping cream dairy berasal dari lemak susu (hewani), sedangkan whipping cream non dairy terbuat dari tumbuh-tumbuhan (biasanya dari kelapa sawit).
 
 
Saya mau menghias kue, pakai yang mana dong?
 
Begini, Baking Lovers. Dalam pembuatan kue, krim digunakan untuk isian dan topping kue. Whipping cream dairy memiliki tekstur lebih lembut dengan rasa tawar. Jadi, lebih cocok untuk membuat krim isian karena akan dicampur dengan bahan lain sehingga rasanya menjadi lebih enak dan istimewa. Misalnya pada pembuatan Ganache Cream. Sebaliknya, tekstur whipping cream non dairy lebih kokoh dan umumnya terasa manis. Krim jenis ini lebih cocok digunakan untuk dekorasi cake atau hiasan pada minuman. 
 
 
 
 
Kelemahan whipping cream cair dan kemasan kaleng adalah tidak bisa bertahan di suhu ruang selama lebih dari dua jam. Lalu, bagaimana kalau lokasi Baking Lovers jauh dari toko bahan kue? Jangan sedih dulu ya, masih ada krim yang berbentuk bubuk. Dijamin aman sampai tujuan tanpa khawatir dengan lama perjalanan dan suhu udara. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup tambahkan air es lalu aduk menggunakan mixer hingga kaku. Kue yang dihias menggunakan whipping cream dapat bertahan selama satu minggu jika disimpan di chiller
 
Oya, dari segi harga whipping cream dairy jauh lebih mahal dibandingkan yang non dairy.  Bagaimana Baking Lovers, sudah cukup paham dengan penjelasan dari Titan? Jadi, mau menggunakan jenis yang mana, sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya. Selamat berkreasi!

Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 08 Feb 2021

Apa perbedaan buttercream dan whipped cream? Lalu, manakah yang sebaiknya digunakan untuk menghias kue?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 29 Apr 2019

Bagaimana cara membuat kulit sus agar bisa mengembang sempurna, garing di luar tapi tetap lembut di dalam? Lakukan tips berikut.