Bolu Motif Batik, Cake Identitas Indonesia

Penulis : Admin


Dipublikasi : 07 Oct 2019



Baking Lovers, tanggal 2 Oktober lalu kita baru saja memperingati Hari Batik Nasional. Di hari itu, mulai dari anak sekolah, karyawan swasta, hingga seluruh jajaran staf pemerintahan mengenakan batik. Terlihat kompak sekali, bukan?

***

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Non Bendawi (Masterpieces of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Apakah Baking Lovers tahu, kalau batik tak hanya dikoleksi sebagai bahan untuk dijadikan pakaian, tapi juga dapat ‘dinikmati’ lewat indera pengecap. Lho, bagaimana maksudnya?

Tren bolu batik muncul sejak tahun 2014. Di tangan bakers yang telaten dan kreatif, motif batik dapat diaplikasikan pada cake/ bolu. Perpaduan kelezatan, kelembutan bolu yang umumnya dikukus, serta keunikan motif batik dengan berbagai bentuk dan warna sungguh membuat orang terkagum. Ada banyak motif batik yang biasa dibuat di atas permukaan kue. Sinta Novanana, owner KK Batik Rollcake menuturkan kepada Titan, bahwa setiap motif batik memiliki makna filosofis tersendiri. Jadi, sebaiknya kita menyesuaikan motif yang akan dituangkan pada bolu dengan kesempatan yang ada, terutama saat akan menjadikannya sebagai hadiah untuk seseorang. 

Sebut saja motif kawung, berbentuk seperti buah kolang-kaling yang memiliki makna kesejahteraan dan keseimbangan hidup di dunia dan akhirat. Motif kawung cocok untuk dihadiahkan kepada guru. Ada lagi motif mega mendung yang melambangkan kemakmuran. Awan mendung pertanda akan turun hujan yang memberikan kesuburan pada tanah. Motif ini baik untuk dihadiahkan kepada pimpinan. Selain itu, ada juga motif parang yang berarti kekuatan, kesinambungan, dan semangat yang tak pernah padam. 

Baking Lovers, ada tantangan yang jauh lebih besar setelah kita memahami nilai filosofis pada sebuah motif batik, yaitu ikut melestarikannya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan belajar membatik, termasuk membatik di atas adonan kue. 

Menarik bukan? Membuat bolu batik mencerminkan bahwa kita berhasil menembus batas kreasi dan menciptakan karya seni warisan nusantara melalui dunia kuliner. Jadi, semoga batik Indonesia semakin berjaya dan lestari sepanjang masa :)

 


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 06 Aug 2019

Gelatin banyak dimanfaatkan pada industri makanan, farmasi, dan kecantikan. Lalu, bagaimana penggunaannya dalam pembuatan kue?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.