Inilah 4 Kelebihan Egg Powder Dibandingkan Telur Segar

Penulis : Admin


Dipublikasi : 11 Nov 2019



Apakah Baking Lovers tahu, kalau ada yang namanya egg powder alias telur bubuk? Yup, untuk alasan kepraktisan kita bisa menggunakan telur dalam bentuk bubuk sebagai pengganti telur segar. Egg powder terbuat dari telur segar yang sudah dihilangkan kandungan airnya dan juga sudah melalui proses penepungan dan sterilisasi. Kandungan airnya yang sangat rendah membuat egg powder memiliki umur simpan yang lama.

Egg powder ada beberapa macam. Mulai dari whole egg powder (telur utuh), egg yolk powder (kuning telurnya saja), dan egg white powder (putih telurnya saja). Bahkan, saat ini sudah ada varian salted egg yolk powder yang bisa digunakan untuk membuat berbagai olahan masakan. Tapi, yang umum dijual di toko bahan kue adalah jenis egg white dan egg yolk powder.

Berikut beberapa kelebihan telur dalam bentuk bubuk dibandingkan telur segar:

1. Dapat disimpan di suhu ruang karena kandungan airnya sudah dihilangkan. Jadi, kita dapat meminimalkan ruang penyimpanan di chiller.

2. Lebih terjamin kebersihannya.

Baking Lovers pasti membayangkan bakteri salmonella yang bisa saja ada pada telur ayam mentah. Namun hal ini tidak akan ditemukan pada egg powder karena pada proses pembuatannya sudah melalui proses sterilisasi.

3. Praktis.

Karena sifatnya yang lebih tahan lama dan dapat disimpan di suhu ruang, egg powder lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Cara menggunakannya juga sangat mudah, yaitu tinggal mencampurkannya dengan air. Perbandingan yang biasa digunakan adalah 100 gram telur utuh = 20 gram egg powder + 80 gram air.

4. Lebih ekonomis.

Dengan menggunakan egg powder, itu artinya kita bisa menghemat biaya produksi. Memang harga pembeliannya lebih mahal, namun jumlah penggunaannya lebih sedikit daripada telur segar. Itulah yang menyebabkan mengapa egg powder bisa lebih ekonomis. 

Secara umum, egg powder bisa menggantikan  telur segar pada umumnya. Namun, penggunaannya lebih dikhususkan untuk selain cake yang memerlukan proses aerasi* di dalamnya. Contoh produk yang dapat dibuat dengan egg powder diantaranya kue kering, roti, mie, dan jenis pound cake. Jadi, apakah Baking Lovers berniat mencoba? Yuk hubungi cabang Titan Baking terdekat.

 

 

Daftar Istilah:

*Aerasi (dalam baking) adalah proses pemasukan udara saat pengocokan telur pada pembuatan cake.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.