Kacang-Kacangan, Gurih dan Menyehatkan

Penulis : Admin


Dipublikasi : 08 Jul 2019



Kacang merupakan sumber protein nabati yang menyehatkan.

Rasanya gurih dan creamy sehingga banyak digunakan  untuk bahan membuat kue kering dan cake. 

Kalau dikacangin? Hehe, tentu rasanya tidak enak ya Baking Lovers :)

 

***

Kacang Tanah

Kacang tanah adalah jenis kacang yang paling sering digunakan untuk membuat kue kering. Penggunaannya bisa dihaluskan terlebih dahulu atau digunakan setelah diolah menjadi selai. Jika dicincang, maka bisa memberikan tekstur crunchy pada kue kering. Kacang tanah mengandung banyak nutrisi, seperti asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.

 

  

Kacang Kenari

Kacang kenari banyak digunakan pada kue kering dan bolu tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi dan Maluku. Kadang bahan dasar kue tersebut adalah tepung sagu, perpaduan keduanya menjadikan kue tradisional mereka menjadi semakin khas dan autentik. Rasanya gurih, meski tidak seperti kacang tanah. Kacang kenari mengandung antioksidan yang tentunya sangat baik untuk kesehatan karena mampu menangkal zat radikal bebas. 
   
 
 

Almond

Kacang almond adalah primadona dalam dunia baking. Jenisnya juga bermacam-macam. Ada yang berbentuk utuh, stick seperti batang korek api, slice, dan bubuk. Baking Lovers pasti tahu macaroon bukan? Yup, jenis cookies mahal itu terbuat dari almond bubuk. Selain itu, almond juga digunakan untuk membuat cake, seperti almond sponge cake atau jaconde yang terkenal sebagai bolu dasar untuk opera cake. Almond dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh karena protein, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya.
  
   

Mete

Mete juga terdiri dari beberapa jenis, seperti mete utuh, belah dua, belah empat, hingga yang sudah dicincang. Sebenarnya, ia tidak termasuk ke dalam jenis kacang lho, Baking Lovers. Mete berasal dari jambu monyet yang masih masuk ke dalam keluarga mangga-manggaan. Kacang mete kaya akan zat tembaga yang mampu menjaga tingkat kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis.

 

 

Jenis kacang lainnya.

Selain kacang-kacang tadi, ada juga jenis kacang lain yang mungkin tidak familiar atau jarang kita lihat, namun sering muncul pada resep asing. Contohnya adalah pecan, pistachio, dan walnut. Seperti almond, karena import maka harga ketiga kacang tersebut menjadi lebih mahal dari kacang lokal. 

 

 

Untuk Baking Lovers yang sudah terbiasa dengan cita rasa gurih khas kacang lokal, maka akan merasa ada yang kurang dengan rasa kacang import yang lebih tawar. Semua kacang tersebut menyehatkan (selama tidak dikonsumsi secara berlebihan), dan memiliki penggemarnya masing-masing. Pada resep ada yang bisa saling menggantikan, namun ada juga yang tidak bisa karena bisa mengubah cita rasa khas kue yang dihasilkan. 



Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 06 Feb 2019

Pernah nggak sih, Baking Lovers kepikiran, sebenarnya apa guna kaki yang ada di loyang chiffon? Tidak mungkin cuma untuk hiasan, bukan?

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.