Macam-Macam Cetakan Kue Tradisional

Penulis : Admin


Dipublikasi : 28 Apr 2020



Hai Baking Lovers, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap semangat meski #dirumahaja ya. Sejak pembatasan sosial diberlakukan, banyak orang mulai merasa bosan karena  selalu berada di dalam rumah demi memutus mata rantai pandemi. Tak ayal, kita harus  lebih kreatif mencari kegiatan dan hiburan agar tidak mudah jenuh. Salah satunya dengan membuat kue.

Karena itu, Titan mau menjelaskan tentang berbagai jenis cetakan yang digunakan untuk membuat kue tradisional. Wah, jadi tambah semangat membuat kue nih! Selain kuenya bisa untuk takjil berbuka puasa, Baking Lovers juga dapat terima pesanan lho. Cus, kita bahas macam-macam cetakan kue tradisional yang dijual di Titan Baking:

1. Cetakan dari bahan baja. 

Baking Lovers tahu tidak, cetakan kue apa yang terbuat dari baja? Yup, salah satu kue yang dibuat dengan cetakan jenis ini adalah martabak manis. Bahan baja digunakan karena cukup tebal, sehingga panas yang dihasilkan bisa lebih merata. Cetakan martabak yang terbuat dari bahan baja tebal juga berpengaruh untuk menghasilkan tekstur martabak manis yang empuk dan bersarang. Cara menggunakannya cukup dioles tipis dengan margarin dan taburkan sedikit tepung terigu.

2. Cetakan dari bahan aluminium.

Aluminium merupakan bahan yang paling banyak digunakan pada berbagai jenis cetakan kue tradisional. Contohnya, cetakan kue cubit, pukis, lumpur, dan carabikang. Cetakan jenis ini juga cukup tebal, meski tidak setebal bahan baja. Oya, Baking Lovers dapat membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara merawat dan menggunakan cetakan berbahan dasar aluminium dan baja.

3. Cetakan dari bahan plastik.

Cetakan kue berbahan plastik jenisnya bervariasi. Ada yang hanya digunakan untuk mencetak (seperti cetakan kue ku dan kue satu), dan ada juga yang digunakan untuk mengukus (seperti cetakan putu ayu, bolu mangkok, dan kue talam). Oles cetakan dengan sedikit minyak goreng sebelum digunakan untuk mengukus adonan kue. Cuci bersih cetakan kue yang sudah digunakan dengan sabun. Kemudian simpan di tempat yang bersih dan kering.

4. Cetakan dari bahan teflon

Meski kuenya tradisional, cetakannya ada yang sudah modern lho Baking Lovers, yaitu dari bahan teflon. Lapisan teflon pada cetakan ini akan mencegah adonan lengket saat dimasak. Jadi, pas sekali untuk bakers pemula. Cara perawatannya juga cukup mudah, yaitu dicuci dengan sabun dan gunakan bagian spons cuci piring yang halus. Titan Baking menjual cetakan teflon untuk kue dorayaki, poffertjes, bapel/ waffle, dan martabak mini.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Baking Lovers. Jadi, meski #dirumahaja, kita juga bisa tetap produktif. Pssttt... Titan punya resep kue lumpur labu kuning yang bisa Baking Lovers buat di rumah. Cara membuatnya mudah kok, percaya deh. Jangan lupa, dapatkan bahan-bahan dan aneka cetakan kue tradisional dengan kualitas nomor satu, hanya di Titan Baking.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 11 Feb 2019

Oven termasuk benda yang paling penting keberadaannya di dapur. Saat memutuskan untuk membelinya, apa saja yang harus dipertimbangkan?