Mengenal Cake Monogram dan Loyangnya

Penulis : Admin


Dipublikasi : 09 Apr 2020



Baking Lovers, monogram berarti tanda atau lambang identitas (perseorangan, organisasi, lembaga, atau perusahaan) yang biasanya dibentuk dari huruf awal sebuah nama. Monogram sering kita lihat pada logo, simbol, dan gambar. Tak terkecuali dalam dunia baking, bentuk monogram juga sudah dikenal sejak dulu, terutama pada perayaan ulang tahun (birthday cake).

Awalnya, untuk membuat monogram cake kita harus menggunakan cara tradisional/ manual. Jadi, bakers harus berkreasi dengan memanfaatkan bentuk loyang standar (bulat atau kotak), lalu mengukir kue yang sudah matang dengan pisau ke bentuk yang diinginkan. Selain itu, diperlukan juga bantuan kertas pola. Pola inilah yang digunakan untuk menjiplak bentuk dan sebagai panduan saat membentuk kue. Tekniknya mirip seperti food carving.

Monogram cake biasanya terbuat dari base sponge cake. Namun ada juga yang berkreasi menggunakan base dari biscuit atau adonan tart. Kemudian dihias menggunakan whipped cream, cream cheese frosting, atau butter cream. Lalu diberi topping anekamar buah-buahan, marshmallow, permen, dan biskuit. Sehingga tampilannya menjadi ramai dan meriah.  Cake monogram ini pas sekali untuk pelengkap momen perayaan hari jadi atau ulang tahun seseorang atau perusahaan.

Namun, saat ini kita tidak perlu repot-repot jika mau membuat monogram cake. Karena sudah banyak pilihan loyang monogram dengan berbagai bentuk, mulai dari huruf A-Z, dan angka dari 0-9. Bahan yang tersedia juga bermacam-macam, seperti aluminium, teflon, bahkan ada juga yang terbuat dari silikon. Sekitar tahun 2018, cake monogram kian menjadi tren dan semakin banyak orang tertarik membuatnya.

Penggunaan loyang monogram sama dengan loyang pada umumnya Baking Lovers. Untuk bahan aluminium, oles bagian dasarnya menggunakan margarin atau cairan khusus oles loyang. Loyang teflon dan cetakan silikon tidak perlu dioles, dan perhatikan juga suhu maksimal pemanggangan untuk keduanya. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang secara perlahan.

Monogram cake memiliki bentuk yang cukup kompleks, jika tidak diperlakukan dengan hati-hati, kue bisa rusak atau patah. Jangan lupa, selalu bersihkan loyang setelah selesai digunakan.. Untuk hasil cake terbaik, ikuti resep di sini dan gunakan loyang monogram berkualitas, seperti yang dijual di Titan Baking.


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 17 Jun 2019

Saat ini, banyak orang yang gemar mengkonsumsi produk bebas gluten. Tapi, apakah sebenarnya gluten itu?