Mentega Atau Margarin

Penulis : Admin


Dipublikasi : 08 Mar 2019



Baking Lovers pasti sering mendengar istilah butter atau roombutter. Jangan bingung ya, itu hanya perbedaan bahasa. Butter berasal dari Bahasa Inggris, sedangkan roombutter berasal dari Bahasa Belanda yang berarti mentega.

***

 Yuk cek perbedaannya :)


Mentega adalah produk olahan susu yang dibuat dengan cara memisahkan padatan susu dan cairannya. Sedangkan margarin adalah lemak yang dibuat dari olahan bahan nabati, seperti kelapa sawit, canola, atau kedelai. Pada pembuatan margarin ditambahkan perasa dan pengemulsi sehingga teksturnya lebih padat dan kokoh dibandingkan mentega. Margarin berwana kuning cerah, sebaliknya mentega cenderung lebih pucat. Dari segi rasa dan aroma, mentega unggul karena lebih lezat dan wangi dibandingkan margarin.

 

 Contoh mereknya apa saja?

Merek mentega yang paling umum yaitu Wijsman, Anchor, dan Elle n Vire. Dijual dalam kaleng dan kemasan kecil (biasa didisplay dalam lemari pendingin). Sedangkan merk margarin diantaranya Blue Band, Simas, dan Forvita. 

 

 Jadi, mau pilih margarin atau mentega?

Baking Lovers, ketika resep mencantumkan margarin atau mentega, pasti sudah ada tujuan tertentu dari si pembuat resep. Tidak semua jenis kue cocok menggunakan margarin, begitu juga sebaliknya. Salah satu pelanggan Titan pernah coba bercerita tentang pengalamannya mengganti penggunaan margarin dengan mentega pada resep cookies (harapannya supaya rasa bakal lebih enak, hehehe), ternyata hasil tidak sesuai yang diharapkan karena kue malah menjadi “mbleber” dan abyar. Jadi pastikan kita benar-benar menguasai resep atau setidaknya melakukan uji coba terlebih dahulu sebelum fix mensubtitusi kedua lemak tersebut.

 
Margarin digunakan untuk hasil akhir kue yang lebih kering dan cenderung padat (tidak terlalu lembut), sedangkan mentega direkomendasikan untuk hasil kue yang lebih lembut, wangi, dan memiliki aroma susu yang kuat. Ada orang yang suka sekali dengan aroma kue yang buttery. Namun ada juga orang yang malah mual dengan wangi butter yang dianggap terlalu “susu”. Jadi, penggunaan keduanya juga tergantung selera masing-masing.

 
Selain dari rasa, aroma, dan tekstur, hal lain yang perlu perhatikan sebelum  memutuskan mau menggunakan mentega atau margarin adalah harga. Ingat Baking Lovers, mentega jauh lebih mahal dari margarin. Kalau untuk konsumsi sendiri sih, tidak masalah. Namun jika kita adalah penjual, maka biaya harus disesuaikan dengan target market yang dituju. Jangan sampai biaya produksi membengkak dan akhirnya kita merugi.

Bagaimana, sudah ada bayangan mau menggunakan  margarin atau mentega? Apa pun pilihannya, pastikan belinya di Titan ya :)


Bagikan




Artikel lainnya

Dipublikasi : 28 May 2019

Banyak resep yang bisa kita dapatkan. Bagi pemula, hal itu justru membingungkan. Kira-kira, mana yang paling mudah dibuat?

Dipublikasi : 28 Mar 2022

Bagaimana ciri-ciri palm sugar, brown sugar, dan caster sugar berkualitas baik?

Yuk baca artikel ini.

Dipublikasi : 17 Jun 2019

Saat ini, banyak orang yang gemar mengkonsumsi produk bebas gluten. Tapi, apakah sebenarnya gluten itu?